Thursday, June 14, 2007

RUMAH KADO

Tak terasa sudah 5 bulan toko Citra Collection berdiri, di usia yang masih belia ini aku menemukan niche untuk tokoku. Aku ingin memfocuskan toko ini menjadi rumah kado. Ide semula untuk menjadikan toko ini sebagai toko busana muslim ternyata lebih cocok ditempat lain, sedangkan toko yang ada sekarang lebih cocok untuk menjual alat tulis dan asesoris karena letaknya memang persis didepan sekolah Islam Terpadu dari TK, SD, SMP. Rencananya aku memang ingin membuat distro pakaian muslim, karena memang aku suka sekali dan teman teman TDA ku banyak yang sukses di bidang ini, aku tinggal ATM (Amati Tiru Modifikasi) aja, itulah enaknya jadi member komunitas Tangan Di Atas (TDA), ilmu yang didapat semuanya gratis tis tis….hari gini masih ada yang gratis…yah Cuma di TDA. Tapi sepertinya keinginan itu harus aku tunda dulu sementara waktu dan saat ini aku dalam persiapan kearah sana. mohon doa restunya. Targetku sebelum puasa ini toko busana muslim ini sudah bisa berjalan. Semoga ...Amin.Sementara toko busana muslim belum berjalan sebenarnya transaksi masih berjalan di rumah, dan sebagian dari toko yang ada sekarang.

Setelah berjalan 5 bulan ini aku memperhatikan laporan keuangan yang membuatku tersenyum sendiri. Alhamdulillah ….setiap bulan nya selalu ada peningkatan. Aku berdoa dalam hati semoga income bersih dari toko bisa segera melebihi gajiku sebagai karyawan(TDB) sehingga cita citaku untuk segera full TDA segera terlaksana. Mengingat hal ini membuatku tambah semangat.

Rumah kado akan menyediakan berbagai pernak pernik asesoris untuk kado. Calon pembeli tinggal memillih barang apa yang di inginkan, sedangkan kertas kadonya kami sediakan secara GRATIS. selanjut nya serahkan pada karyawan kami yang akan membungkus dan merapihkan nya. Selanjutnya calon pembeli tinggal bayar.

Biasanya urusan kado kado ini ramai dihari sabtu, dengan banyak nya anak anak yang ulang tahun, reuni an, dll. Rumah kado juga menyediakan souvenir untuk pernikahan, ulang tahun, khitanan, dll. Memang promosinya baru hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Aku memang ada rencana untuk menyebarkan brosur ke daerah sekitar yang lebih luas lagi, tapi ada aja alasan klise yaitu sibuk dengan kegiatan TDB lah yang membuat semuanya harus antri dulu untuk dikerjakan. Intinya sih selalu aja ada alasan untuk menundanya, nggak bisa di biarin nih… harus disediakan waktu and no reason.

Hobby ku yang lain adalah keluar masuk toko untuk mengamati keadaan toko tersebut, dari situ bila ada yang bagus, aku bisa terapkan di tokoku. Kemarin aku masuk kesebuah toko yang dari luar sangat eye catching, aku masuk dan mengamatinya, aku agak surprise dengan harga yang tertera di barang barang yang dijual, mahal amat…..gumam ku dalam hati. Aku bisa bilang seperti itu karena aku tahu berapa harga modalnya. Sebuah jam tangan gambar animasi harga satuan bila beli dalam lusinan hanya Rp. 13.500 tapi di jual di toko tsb Rp. 35.000,- sedangkan aku menjual ditoko ku Rp. 25.000,- aja udah untung lumayan banget…pastas aja jam tangan tersebut laku keras di tempatku. Alhamdulillah….

Belum lagi asesoris yang lain seperti pin, gantungan HP, pulpen, dll ternyata ada selisih yang cukup lumayan dibandingkan dengan ditoko ku.

Sebenarnya berjualan asesoris ini enak sekali loh, kenapa??? ….karena untungnya itu loh gede banget, apalagi kalau kita berbelanja di Asemka dalam partai besar, harga selisih nya sangat jauh, ….

Intinya bila berjualan asesoris seperti ini adalah selalu mengikuti trend dan kegemaran anak anak yang selalu aja setiap minggu nya ada aja mainan barunya. Oh ya toko ku juga menyediakan loh mainan jaman dahulu kala waktu masih kecil seperti: congklak,layangan, bola bekel, ludo, gambaran, dll. Tapi sekarang sudah banyak yang di modifikasi seperti bola bekel sekarang warna nya bening didalamnya ada gambar binatang, tumbuhan dll, biji bekel yang dulu dari kuningan sekarang banyak yang dari plastic, papan congklak yang dulu dari kayu sekarang dari plastic, gambaran yang dulu seri film kartun jaman dulu, sekarang jadi gambar pokemon, digimon, princes, dll. Berjualan seperti ini seperti mengenang dan kembali ke masa kecil yang indah. Hmmmm…..….


Oh ya untuk selain asesoris kami menyediakan makanan jajanan anak dan minuman. Rencana kedepan mungkin mau jualan pop ice modifikasi tinggal tunggu tanggal main nya aja. Modifikasi maksudnya pop ice yang sudah jadi didalam gelas plastic yang ada tutup dan sedotannya, dikasih toping keju, meisis, choco chip warna warni, agar agar dll…..hmmmm enak nih…..

Aku memang ada rencana untuk segera full TDA nih,…..untuk lebih serius berbisnis dan menjadi full TDA. Sebagai amphibi aku merasa waktuku sangat banyak untuk dunia TDB, berangkat pagi pulang malam bahkan kalau closing bisa sampai tengah malam…cape banget deh ….tapi banyak juga sih untung nya seperti sekarang kerjaan lagi nggak terlalu banyak jadi aku bisa ngeblog sambil kerja mencuri waktu. Sekali kali melihat ke belakang siapa tahu boss ku yang bule udah di belakangku and nanya: “What are you doing?... he he….ini pernah kejadian loh he he mau ketawa sendiri jadinya. Ceritanya si bule mau minta laporan bulanan sebenarnya sih udah aku kirim by email tapi dia bilang belum terima. Dia datang ketempatku dan Cuma berdiri aja dibelakangku sambil ngelihatin aku yang lagi asyik ngetik, makanya dia Cuma senyum senyum aja waktu melihat aku yang nggak kerja, wong kerjaan ku juga udah selesai……

Oh ya sibule yang kumaksud masih muda banget umurnya 25 tahun, handsome (kata orang), levelnya masih manager dan dia belum lama datang dari France tapi bahasa Inggris nya lumayan. Tapi ilmu nya itulah yang kadang bikin aku kagum (excel nya canggih banget). Dia selalu bilang kalau aku punya teman cewek dia mau loh kenalan apalagi kalau cantik he he ayo siapa yang mau daftar???

Udah ah jadi ngelantur nanti lain kali aku mau cerita tentang dunia TDB lagi ah……..tentang suka dukanya. ditunggu ya...

No comments: