Saturday, June 9, 2007

3 JAGOANKU

Aku punya 3 anak dan semuanya jagoan. Yang pertama Dika kelas 1 SMP, Ryan kelas 3 SD,dan si bungsu Aldi 5 tahun. Kemarin sewaktu aku sibuk di kantor, tiba tiba HP ku bunyi, ternyata dari rumah mengabarkan 3 jagoanku berantem dan akibatnya salah satu jagoanku yang no. 2 kepalanya benjol, degg.....rasanya saat itu juga ingin terbang kerumah....
Aku langsung istigfhar dan menarik napas dalam dalam, aku duduk dan minum air putih dulu, selanjutnya setelah tenang aku telp kerumah. Baru ringing sekali telp langsung diangkat dan ternyata mereka berebut untuk menjawab telp dan anehnya mereka yakin yang telp pasti mamanya. Aku coba setenang mungkin, aku bilang pada mereka, aku mau bicara dulu dengan anakku yang bungsu, Aldi . Si bungsu langsung mengadu, katanya di galakkin sama Ryan. Dengan bahasa nya yang lucu yang membuatku terkadang senyum senyum sendiri. Setelah itu aku bicara dengan Ryan, anakku yang kedua. Sambil menahan tangis anakku cerita katanya kepalanya di benturkan ketembok oleh kakaknya, dan jidatnya agak benjol sedikit dan agak pusing. Aku menarik napas dan melepaskannya, aku nasehati Ryan, dan dia bilang badannya agak demam, suhunya agak panas. Aduh aku harus buru buru pulang nih.....Sebelumnya aku bicara dulu dengan anakku yang tertua, Dika. Menurut Dika dia membela sibungsu, karena Aldi di galakkin sama Ryan, karena Ryan nggak mau dengar, dan meledek nya maka jadilah Dika memukul.
Untunglah aku sudah menonton film The Secret, saat itu aku sangat bisa mengendalikan emosiku, kukatakan pada Dika, " Nak ....mama minta tolong batu mama ya, jaga adik adikmu sampai mama pulang"......Kukatakan apa yang diperbuat nya itu salah dan jangan pernah mengulangi lagi. "Sayangilah adik adikmu dengan begitu merekapun akan lebih sayang padamu".
Sampai dirumah kupertemukan mereka bertiga, dan bicara dari hati kehati dengan mereka, dan Alhamdulillah mereka semua mengerti dan berjanji tidak akan pernah mengulangi lagi. Kujelaskan pada mereka akibat nya jika mereka tidak rukun, kepala bisa benjol.
Satu pelajaran lagi kudapat, menangani masalah apapun harus setenang mungkin....
Terima kasih ya Allah,....bimbinglah aku aku agar selalu bisa menjaga amanah MU.....amin...
Berikut sharing dari temanku :
10 PESAN ANAK untuk ORANGTUATangan saya masih kecil.
Tolong jangan mengharapkan kesempurnaan setiap kali saya merapikan tempat tidur , menggambar, atau melempar bola. Kaki saya masih pendek .
Tolong perlambat agar saya bisa berjalan beriringan dengan Ayah / Bunda.Mata saya belum melihat dunia seperti yang Ayah/ Bunda lihat.
Tolong izinkan kami menjelajahinya secara aman .Jangan memberikan larangan yang tak perlu .Selalu akan ada saja pekerjaan di dalam rumah tangga. Saya masih kecil untuk waktu yang begitu singkat . Tolong luangkan lebih banyak waktu untuk menjelaskan dunia yang ajaib ini , dan lakukan secara tulus ikhlas.Perasaan saya masih halus.
Tolong sensitif terhadap kebutuhan-kebutuhan kami. Jangan memarahi saya sepanjang hari. Ayah / Bunda pasti tak senang kalau dimarahi karena ingin tahu. Perlakukan saya seperti Ayah / Bunda ingin diperlakukan.Saya adalah hadiah yang istimewa dari Tuhan.
Tolong perlakukan saya sebagai harta berharga , berikan bimbingan untuk semua tindakan saya. Beri saya panduan tentang cara menjalani hidup dan mendisiplin saya dengan cara manis.Saya memerlukan dorongan dan pujian Ayah/Bunda untuk tumbuh.
Tolong jangan cepat mencela. Ingat , Ayah/Bunda dapat mengkritik hal-hal yang saya kerjakan tanpa mencela saya.
Tolong beri saya kebebasan untuk membuat keputusan-keputusan menyangkut diri saya sendiri . Izinkan saya untuk gagal sehingga saya dapat belajar dari kesalahan –kesalahan saya. Lalu suatu hari , saya akan siap untuk membuat keputusan-keputusan yang dituntut hidup dari saya.
Tolong jangan kerjakan segalanya untuk saya. Kadang, cara ini membuat saya merasa upaya saya tidak sesuai dengan harapan Ayah/Bunda .Saya tahu ini sulit, tapi tolong jangan membandingkan saya dengan saudara perempuan/ laki-laki saya.
Tolong jangan takut untuk pergi berakhir pekan bersama . Anak-anak perlu libur tanpa orangtua , sama seperti orangtua perlu libur tanpa anak-anak. Selain itu, berlibur hanya berdua adalah cara baik untuk menunjukkan kepada kami, anak-anak , bahwa perkawinan Ayah/Bunda sangat istimewa.
Tolong ajak kami beribadah secara teratur , beri contoh yang baik untuk saya teladani.
Sumber : Aura.

No comments: